analisis web usability pada site www.jakartanotebook.com (part 4 of 4)

alhamdulillah… akhirnya sampai juga di part 4. (setelah capek memperbaiki screen shoot yang kegedean)

di part terakhir ini, saya akan coba menganalisis 3 aspek. yaitu

h. Berhubungan dengan keindahan dan desain minimalis

i. Bantuan bagi user untuk mengenali, mendiagnosis dan memperbaiki dari kesalahan,

j. Help dan dokumentasi.

untuk analisis yang pertama. saya bisa mengatakan bahwa desain ini sama sekali tidak indah dan sangat jauh dari minimalis. terlalu banyak scroll dan iklan. walaupun semua tulisan terlihat dengan jelas, namun tampaknya kurang indah saja jika setiap saat kita selalu disuguhkan iklan atau promo dari produk tertentu di setiap halaman.

dari segi bantuan untuk pengguna, ada menu cara transaksi di menubar atas. sekilas dibaca, cukup untuk membantu pengguna menyelesaikan tasknya. guidelines yang ditampilkan secara sederhana namun dengan indikator yang jelas yang menerangkan pengguna tentang dimana dia sekarang berada, mampu membuat pengguna paham akan task yang akan dia kerjakan

Picture1.png

pengeluaran pesan error juga cukup baik disampaikan kepada pengguna apabila pengguna melakukan kesalahan seperti salah memasukkan alamat email

Capture4.PNG

untuk dokumentasi, diakhir proses transaksi, pengguna akan diberikan print out dari hasil transaksi yang telah berhasil dilakukan. dokumentasinya cukup lengkap (pengalaman beli soalnya)..

untuk help, ada 1 halaman khusus yang memberikan informasi tentang penggunaan web ini, namu lagi-lagi sangat disayangkan bahwa harus terjadi scroll yang sangat panjang untuk membaca itu0.PNG

kesimpulannya adalah usability dari web ini masih harus ditingkatkan. akan lebih baik jika kontennya dipersingkat dan dikurangi scrolling-nya.

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

No comments yet.

Leave a comment

(required)

(required)