analisis web usability pada site www.jakartanotebook.com (part 3 of 4)

kembali lagi bersama saya di part 3… wah gak kerasa udah 2 part terakhir… hore… hore…

cukup perayaannya… sekarang kita akan masuk ke poin

d. Konsisten dan standar

e. Pencegahan kesalahan

f. Pengenalan atas penarikan kembali

g. Fleksibilitas dan efisiensi

secara umum, bahasa yang digunakan dalam situs ini tidak konsisten. kadang bahasa inggris, kadang bahasa indonesia. hal ini mungkin terjadi karena barang-barang yang dijual sulit dikategorikan kedalam bahasa indonesia. contohnya..

Picture2.png

kadang2 tertulis aksesoris, kadang2 tertulis accesories.

untuk pencegahan dan kesalahan, web ini sudah bisa melakukan pencegahan terhadap kesalahan user dalam berbelanja. misalnya dalam pengisian alamat email yang salah. web ini akan memberitahukan kalau kita salah memasukkan alamat email.

Capture4.PNG

untuk tingkat ke efisienan, web ini kayaknya harus banyak berbenah diri. hampir disetiap halaman, kita akan menemukan iklan atau suggestion untuk membeli sebuah produk tertentu. contohnya :

6.PNG

hampir disetiap halaman, kita akan melihat jquery dari 7 penawaran. hal ini sangat mengganggu pengguna karena memaksa pengguna untuk melakukan scroll jika ingin melihat informasi dari barnag yang akan dibelinya.

web ini juga sangat panjang. sangat melelahkan untuk melakukan scroll. saya coba ambil screen shoot dengan zoom out maksimal pada firefox. ternyata di halaman home. masih ada scroll nya

9.PNG

bayangkan kalau anda harus melakukan scroll sampe bawah banget kayak gitu.. pasti capeknya minta ampun… keburu bosen. akan lebih baik jika dikategorikan saja atau menggunakan jquery untuk barang-barang promo.

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

No comments yet.

Leave a comment

(required)

(required)