analisis web usability pada site www.jakartanotebook.com (part 2 of 4)

okeh…

mari kita lanjutkan postingan kita.

postingan kali ini hanya akan membahas 3 point saja. yaitu

a. Visibilitas status system,

b. Kecocokan anatara system dan dunia nyata,

c. Kontrol user dan kebebasan,

kita coba untuk point a yaitu visibilitas

Capture2.PNG

secara umum, kita bisa melihat secara jelas apapun yang tertulis di dalam web ini. tidak ada yang tersembunyi. pengguna bisa dengan mudah mencari informasi apa yang dibutuhkan oleh dirinya sendiri. tampilan background juga terlihat natural dan standar. tidak ada warna yang terkesan “nabrak” . Ada perbedaan juga antara mana tulisan yang berupa teks biasa dan mana yang merupakan tautan.

kita beralih sekarang untuk ke point b, yaitu Kecocokan anatara system dan dunia nyata,

kita bisa mencermati bahwa situs ini merupakan sebuah situs yang menuntun kita untuk belanja secara swalayan. mirip dengan kalau kita belanja di super market. kita coba cermati bagian bawah dari screen shoot yang saya ambil di web tersebut, ada keranjang belanja ! ya benar ! ada keranjang belanja. mirip banget kalau kita berbelanja di super market. hmmm.. indikator lainnya, coba kita lihat pada guidelines step per step berbelanja di www.jakartanotebook.com Picture1.png

lalu bandingkan dengan saat kita belanja di supermarket. Biasanya, setelah kita pilih belanjaan, kita akan membayarnya dikasir, kemudian dapet struk, lalu baru barang kita bisa kita bawa pulang. Indikator status di atas, juga mirip dengan kalau kita belanja di jakartanotebook.com. bedanya hanyalah adanya status pengiriman karena barang yang sudah kita bayar, tidak kita bawa sendiri ke rumah, melainkan dikirim langsung ke rumah kita. untuk di jakartanotebook.com, biasanya menggunakan jasa dari kurir JNE.

poin c. yaitu Kontrol user dan kebebasan

dari segi kontrol user, situs jakartanotebok.com ini memberikan keleluasaan user untuk berbelanja, membatalkan belanja atau hanya sekedar untuk melihat-lihat barang yang dijual di jakarta notebook. cuma ada sedikit yang mengganggu. terlalu banyak iklan penawaran (promo) dari barang-barang tertentu. contohnya. saya ingin membeli hardisk yang di iklankan dengan gambar gajah.. (hmm… cukup menarik….)

capture3.PNG

kemudian saya klik gambar tersebut, dan yang terjadi adalah, saya tidak langsung masuk ke menu pilihan hardisk, melainkan saya masuk ke halaman

4.PNG

jadi tidak langsung masuk ke halaman pemilihan hardisk, sayangnya pengguna tidak bisa melewatkan halaman ini, dikarenakan prosedurnya harus seperti ini. jika pengguna ingin melihat detail produk ini, maka pengguna harus melakukan klik pada ujung kanan atas halaman ini.

tampaknya di sisi ini, ada kebebasan user yang terganggu. lebih baik jika halaman ini dihilangkan saja.

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

No comments yet.

Leave a comment

(required)

(required)